Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sang ABDI (Part 1)


Cerita ini di mulai bukan untuk menceritakan kematian perempuan itu, melainkan menceritakan teka-teki, dari seseorang yang menjadi saksi, berbagai hal yang membingungkan, bahkan mengerikan yang ia temui, selama mengabdi pada keluarga CIPTO.

***

JEJAKMISTERI - Setelah kejadian itu, memang banyak desas-desus yang hampir di ketahui semua warga desa, tapi tidak ada yang berani mencari tahu lebih jauh dan perlahan-lahan, kejadian itu lenyap seperti embun. Menghilang begitu saja dan kemudian dilupakan.

Seseorang yang menceritakan ini adalah tetangga dari Buyut ku, sebut saja namanya, pak BUDI, dulu, saat masih muda, setelah selesai menempuh pendidikan SMP, beliau mengawali karirnya sebagai kernet sopir Truk.

Berbagai perjalanan sudah ia jabani, mulai dari rute antar kota sampai rute antar provinsi.

Semua pengalaman ini, memupuknya menjadi pribadi yang tangguh, dan membuatnya menjadi salah satu orang yang bisa mengendarai, mulai dari mobil pick up, sampai Truk gandeng.

Karena dirasa jalan hidup sebagai sopir ekspedisi tidak membuatnya menjadi pria yang mapan dengan segala tuntutan bahwa ia adalah anak pertama yang harus sukses, pak Budi pun berhenti menjadi sopir truk.

Sebuah jalan terbuka, ketika tetangganya memberitahu, bahwa, keluarga CIPTO- sedang mencari seorang sopir Pribadi.

Semua tahu, siapa keluarga CIPTO, terlepas dari desas-desus yang tersebar, pak BUDI nekat, melamar kerja, dan hari itu juga, ia di terima bekerja disana. karena saat itu, tidak banyak orang bisa menyetir mobil seperti saat ini.

Meski mereka bertetangga, namun, ini adalah kali pertama, pak Budi, masuk ke kediaman keluarga CIPTO, yang membuatnya berdecak antara kagum dan ngeri, sebegini besarnya rumah ini, namun, entah kenapa ada perasaan tidak enak melihat semua perabotan dirumah ini, seolah ia di awasi.

Saat itu, yang mengantar pak Budi, adalah bu Asirih, wanita tua yang umurnya berkisar antara 50an, namun masih terlihat bugar, ia jarang berbicara dengan wanita ini karena keseharian beliau adalah didalam rumah, tanpa sekalipun berbicara dengan tetangga.

Sebenarnya, ini bukan hal yang aneh mengenai keluarga CIPTO, karena mereka seperti terasing, meski sudah lama tinggal di desa ini, bagi para tetangga, mereka terasa seperti tidak tinggal di dunia yang sama, seolah mengundang banyak sekali pertanyaan, termasuk para penghuninya.

"Monggo, mriki mas" (silahkan, kesini mas) kata bu Asirih lembut dengan logat jawanya.

Selama di perjalanan, pak Budi melihat kesana kemari, menganggumi berbagai patung aneh yang ia temui, terpasang di beberapa sudut bagian rumah ini, gaya desainya, benar-benar masih kejawen.

Saat itulah, ketika pak Budi menikmati pemandangan itu, matanya teralihkan pada sebuah pemandangan mencengangkan.

Diujung matanya, ia melihat seorang anak kecil, seusia adiknya, sedang duduk, di tepi kolam ikan, ia melihatnya lama, dan kemudian teralihkan pada seorang wanita.

Wanita ini berdiri tegap di belakang si anak. Dan cara dia melihat pak Budi benar-benar tidak mengenakan, karena ia melihat pak Budi masih dengan postur tubuh tegap, hanya bola matanya yang mengikuti kemana pak Budi pergi, di sudut bibirnya, ia seperti tersenyum menyeringai.

Ketika bu Asirih membuka pintu, melewati beberapa bagian dalam rumah, sampailah ia di sebuah ruangan, terlihat seperti Gazebo (Paviliun) yang terbuat dari kayu jati, disana ada seorang wanita tua, lebih tua dari bu Asirih, ia duduk, di atas kursi goyang.

Matanya terpejam. Namun, belum beberapa langkah bu Asirih mendekati si wanita, tiba-tiba ia bicara dan membuat pak Budi tersentak karena kaget.

"Iki tah, sing bakal dadi sopirku sing anyar" (ini ya, yang akan jadi sopir baruku)

Bu Asirih mengangguk, tidak berbicara, kemudian mencium tanganya.

"Pak Budi, kenalkan, niki ndoro Sasri" ucap bu Asirih, beliau berdiri tegap dan mengepalkan tanganya di depan perut, membuat pak Budi bingung, seakan-akan ia berbicara di depan seorang maharaja saja.

Setelah menjelaskan panjang lebar mulai dari gelar, sampai pemimpin keluarga, bu Asirih, mengantar pak Budi ke belakang rumah, disanalah nanti ia akan tinggal. Meski bertetangga, keluarga CIPTO menginginkan pengabdian dari pak Budi selama 24 jam dan harus siap, untuk itu dibuatlah kamar itu yang memang khusus untuk sopir yang bekerja untuk keluarga ini.

Disanalah bu Asirih menjelaskan semua yang ada didalam rumah ini, mulai dari unggah ungguh, hingga apa yang tidak boleh di lakukan oleh pak Budi selama tinggal di kediaman keluarga ini.

Saat ini keluarga CIPTO di pimpin oleh ndoro Sasri, setelah kematian Eyang Sarwojo yang meninggal karena sakit.

Penerusnya yaitu anaknya, adalah Atmojo, dan isterinya Sekar, namun mereka sudah lama tidak tinggal disini lagi, namun ada 5 anaknya yang ada disini.

Kesemua anaknya adalah laki-laki, dan saat ini, mereka tinggal di kediamanya masing-masing, kediaman yang di maksud bu Sasri adalah sebuah kamar khusus, yang memang tidak bisa di masuki oleh sembarang orang

Mendengar itu pak Budi hanya diam, yang ia pikirkan hanya satu. Pandhawa, ada satu hal yang orang jawa percaya ketika sebuah keluarga melahirkan 5 anak lelaki atau 5 anak perempuan. Itu adalah kutukan pandhawa, dan itu masih di percaya sampai saat ini.

Maksud kutukanya adalah, konon, akan ada satu atau dua anak yang tidak bisa mengemban beban lebih.

Akibatnya, ia akan gila atau memiliki kekurangan mental yang benar-benar serius, dan biasanya yang paling umum di serang adalah, anak terakhir, namun, itu hanyalah rumor yang beredar, pak Budi saat itu mencoba berpikir bahwa itu hanyalah mitos dari orang jaman dulu.

Namun, sepertinya, hal itu juga berlaku pada keluarga ini. Setidaknya itu yang akan pak Budi lihat dengan mata kepala sendiri.

Selain 5 anak yang tinggal dirumah ini, ada lagi yang pak Budi harus tahu, bahwa setiap anak memiliki penjaga khusus untuk mereka satu persatu, dan biasanya mereka dipanggil dengan Dayang Abdi, dan setiap Dayang Abdi akan menjaga satu anak.

Kesemua Dayang abdi, adalah seorang perempuan.

Semua yang bu Asirih ceritakan, membuat pak Budi teringat dengan perempuan yang ia lihat tadi, apakah, anak kecil itu adalah salah satu dari 5 anak itu. Bila benar, maka, perempuan yang ada di belakangnya adalah..??

Selain memberi penjelasan tentang itu, bu Asirih juga menjelaskan tentang hal lain, semua tempat, yang tidak boleh pak Budi datangi, yang paling dekat dengan kamar pak Budi adalah sebuah tempat sanggar Cayang, sebuah bangunan yang hampir sama seperti gazebo, namun ada di seberang, bangunanya bisa dilihat langsung dari kamar pak Budi, jaraknya tidak terlalu jauh, namun, setiap dipandang, entah terlihat menakutkan sekali, seolah ada yang berdiri dipelataran gazebonya.

Pak Budi mengangguk, pertanda ia mengerti, dan hari itu, bu Asirih pergi.

Ada satu hal yang membuat pak Budi merasa asing saat berdiri disini adalah, aroma entah sadar atau tidak, aroma bu Asirih, tercium seperti aroma Pandan. mengingatkanya pada sosok kuntilanak, yang sudah sering ia dengar di desa namun, mulai hari ini ia akan sering bertemu beliau.

Saat malam, kondisi rumah itu nyaris sepi, sunyi. Penerangan rumah pun hanya ada dibeberapa sudut, pak Budi menghisap beberapa batang rokok, ia duduk di depan kamar, memandang persis Gazebo yang tidak boleh ia datangi bila tidak bersama bu Asirih.

Entah karena bosan atau apa, pak Budi berjalan, mau melihat keseluruhan rumah ini meski hanya dari luar rumah, tapi ia tahu, larangan itu tidak akan pernah ia langgar, jadi pak Budi menghindari Gazebo itu.

Ia berjalan, menuju ke halaman rumah, tempat melihat anak lelaki kecil itu.

Ia menelusuri kebun, cahayanya temberam hanya dari lampu kekuningan. Berbekal rokok, pak Budi mencoba membuang sepi.

Namun, rumah itu benar-benar bukan rumah yang menyenangkan, sejak awal tiba disini, pak Budi masih merasakan bila ia seperti sedang di awasi.

Setelah menempuh jalan setapak di kebun, sampailah ia di kolam ikan itu. Ada pohon lengkap dengan kursi kayu di sampingnya, disanalah ia melihat perempuan itu berdiri.

Pak Budi kemudian duduk, pandanganya, tertuju pada kolam ikan.

Lama ia duduk disana, tiba-tiba, seseorang mendekatinya.

"Mas" 

Kaget, pak Budi langsung berbalik, dan mendapati perempuan itu memandangnya, masih dengan tatapan tidak mengenakan itu, seolah tanpa ekspresi yang membuat bulukuduk berdiri.

"Masnya baru kerja disini?" suaranya sangat dingin, meski begitu, pak Budi menjawab sesopan mungkin, perempuan itu menjawab seadanya, bahkan ia tidak memberitahukan namanya pada pak Budi, ketika mereka masih saling berbincang satu sama lain, tiba-tiba, pak Budi baru menyadari, di belakang perempuan itu, anak lelaki itu bersembunyi di balik badan perempuan itu, mengintip dengan ngeri. seolah-olah, pak Budi memberinya ketakutan tersendiri.

Satu hal yang pak Budi ingat sebelum perempuan itu pergi.

"Nek dadi sampeyan, nek wes bengi ngene, luwih apik gak keluyuran mas, sampeyan gorong eroh, opo sing onok nang kene. Monggo"
(Kalau jadi kamu, kalau sudah malam seperti ini, lebih baik tidak kemana-mana, anda belum tahu-apa yang ada disini. Permisi mas)

Dengan senyuman menyeringai, si perempuan pergi, meninggalkan pak Budi sendiri di dalam keheningan itu. Seketika ketakutan seperti merasuki pak Budi. Rumah ini, benar-benar bukan rumah yang bagus untuk di tinggali. Batin pak Budi malam itu.

Tidak ada yang bisa di ajak bicara layaknya manusia dengan manusia di lingkungan rumah ini kecuali dengan pak Sasongko.

Pria paruh baya yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang kebun di rumah keluarga CIPTO, selain orangnya yang humoris, beliau juga sering memberikan wejengan.

Waktu itu, siang hari terik Pak Sasongko memangkas rumput, pak Budi hanya duduk mengawasi, sembari menunggu perintah di hari pertamanya bekerja, untuk membuang sepi, pak Budi bertanya perihal bangunan gazebo yang terletak di seberang.

Mimik wajah cerah pak Sasongko, berubah.

"Masnya sudah pernah kesana?" tanya beliau.

"Dereng pak, tapi kulo kok penasaran nggih, niku bangunan nopo toh pak" (belum pak, tapi saya penasaran, sebenarnya, itu bangunan untuk apa)

Sembari memangkas rumput, pak Sasongko berpesan.

"Lebih baik, gak usah di cari tahu mas, daripada nasib sampeyan nanti seperti" belum melanjutkan kalimatnya, pak Sasongko melirik pak Budi yang melihatnya dengan tatapan curiga.

"Sinten pak?" (siapa pak?)

"Sudah, lupakan saja, kerja saja yang benar ya nak" tutur pak Sasongko.

Bu Asirih menemui pak Budi, memberi pesan bahwa, hari ini, ndoro Sasri harus pergi ke rumah sakit untuk check-up, hal ini di lakukan selalu di hari kamis, seperti hari ini.

Maka saat itu juga pak Budi menyiapkan mobilnya, menunggu di teras rumah.

Sebenarnya ndoro Sasri masih bisa berjalan, namun langkahnya tertatih dan harus di bantu oleh tongkat kayu yang selalu menemaninya, rambutnya di sanggul, meski warnanya sudah memutih, namun, riasan beliau masih memperlihatkan sosok wanita yang sangat berkharisma.

"Berangkat le" perintah beliau.

Saat itu juga, pak Budi langsung menginjak gas mobilnya, perlahan, ia meninggalkan rumah itu. Entah perasaan macam apa waktu itu, ketika keluar dari rumah itu, terasa hati menjadi lebih lega, seolah rumah itu membuat pak Budi tidak nyaman.

"Le, kerasan karoh Griya mungkih"

Griya mungkih, itu adalah sebutan untuk rumah itu, tidak banyak yang tahu bahkan warga desa itu sendiri, termasuk pak Budi bila tidak di beritahu oleh bu Asirih tentang sejarah rumah itu.

Rumah turun temurun dengan adat yang masih terjaga.

"Kerasan ndoro" kata pak Budi.

"Panggil buk saja. Awakmu guk Asirih, paham yo le" tutur ndoro Sasri, pak Budi pun mengangguk.

Sosok ndoro Sasri, benar-benar berwibawa, terlepas dari usianya yang sudah renta, beliau masih membuat segan siapapun yang beliau ajak bicara.

***

Kurang lebih 2 jam, pak Budi menunggu, akhirnya ndoro Sasri keluar, ketika sudah masuk ke dalam mobil, pak Budi bertanya, apakah mau langsung pulang atau mampir ke suatu tempat, dengan tatapan tegas, ndoro Sasri memberi sebuah alamat.

Saat melihatnya, pak Budi terhenyak sesaat.

"Kita kesini buk"

Ndoro Sasri mengangguk. Tanpa pikir panjang pak Budi pun melesat ke tempat itu, saat sampai disana, ada beberapa orang yang sepertinya sudah menunggu, pak Budi membantu majikanya turun dari mobil, menggandengnya, dan menuju sebuah kamar di gedung itu.

Tempat itu adalah P***K Ja** A***K**, tempat ini kurang di kenal di kalangan masyarakat namun di kalangan staf medis di kota ini, semua tahu, itu adalah tempat rehabilitasi trauma atau kejiwaan. Tempat yang tentu membuat pak Budi penasaran setengah mati.

Setelah menelusuri koridor panjang, terlihat seorang perempuan, dari cara berdirinya, ia menyerupai perempuan di rumah Griya mungkih, hanya saja, yang ini wajahnya lebih tegas lagi

Entah kenapa, ada ekspresi ketakutan dari cara memandangnya. Ia membungkuk kemudian membuka pintu.

"Beliau di dalam ndoro" cara berbicaranya pun gemetar.

Tidak menjawab, ndoro Sasri langsung masuk, di dalamnya ada seorang pria, berkisar di usia 20an, hanya saja sikap dan perilakunya aneh.

Ia hanya duduk, matanya kosong, memandang ke tembok.

Pak Budi yang melihat itu hanya diam, tertegun lama.

Berbeda dengan pak Budi, si perempuan tampak gelisah, terlihat dari bagaimana ia memainkan jemarinya tanda tidak tenang.

Ketika si lelaki tak di kenal itu melihat ndoro Sasri, ia menjerit.

Matanya melotot, ketakutan, ia beringsut mundur, jeritanya juga terdengar aneh, tidak seperti jeritan ketika seseorang berteriak ketakutan atau panik, jeritanya tampak sumbang.

Si perempuan yang sedari tadi melihat, seperti ingin masuk ke ruangan itu, namun, ia ketakutan juga.

Hal terakhir yang di ingat pak Budi adalah, ndoro Sasri memeluknya, meski kesusahan dengan tongkat di tanganya, ia berhasil memeluk lelaki tak di kenal itu, ada tangis pecah dan kemudian, ndoro Sasri seperti berbisik sesuatu.

Si lelaki yang histeris, tiba-tiba diam.

Benar-benar menjadi diam, tak berteriak lagi.

***

Pak Budi meninggalkan tempat itu sore hari, ada satu kalimat yang masih di ingat setiap terbayang kejadian itu. perempuan itu, ia bertanya pada pak Budi.

"Mas, masnya percaya dengan yang namanya, Jejek. Mumpung, mas nya belum tahu, lebih baik, cari kerjaan lain saja mas"

Saat itu pak Budi masih belum paham maksud kalimat Jejek itu, jadi, hampir setelah kejadian itu pak Budi terus terbayang-bayang.

Setelah pekerjaan itu selesai, pak Budi mencoba melupakan semuanya, ia tidak tahu siapa lelaki itu, siapa perempuan yang menyerupai dayang abdi atau apapun itu. Belum.

Setelah hari mulai petang, pak Budi menunaikan sholat di kamarnya.

Mungkin karena tidak fokus atau apa, selama sholat ia merasa ada wajah wanita tua terbayang-bayang di setiap pak Budi mencoba khusyuk.

Namun, itu belum seberapa di bandingkan suara tertawa yang khas, seperti terdengar meski hanya sayup lirih. membuat pak Budi teringat-ingat.

Suara tawa itu nyaris atau sama persis seperti suara Ndoro Sasri.

Ya. suara itu, terdengar tepat seperti ada di belakang pak Budi.

Tepat setelah pak Budi selesai menunaikan shalat, ia terkejut, bahkan tercekat mendengar suara pintu kamarnya di ketuk.

Dengan was-was pak Budi membukanya, di temuilah bu Asirih. "ndoro ingin ketemu mas, monggo, njenengan kulo antarke"
(ibuk ingin ketemu mas, silahkan, saya antar)

Bingung, pak Budi ijin berganti sarungnya, untuk mengenakan celana. Setelah selesai pak Budi mengikuti bu Asirih, seperti sebelumnya, tidak ada percakapan antara mereka berdua. Seolah pak Budi di biarkan tenggelam sendirian.

Kali ini bu Asirih menuntunya, masuk lebih jauh ke dalam rumah, seolah kali ini adalah langsung dimana ndoro Sasri menghabiskan malamnya.

Di tengah perjalanan, tanpa sengaja mata pak Budi menangkap sosok anak kecil yang ia temui tempo hari, anak itu menatapnya dengan tatapan kosong.

Ia menatap dari seberang sebuah ruangan sebelum pak Budi terpaku pada caranya melihat, si perempuan yang selalu bersamanya, tiba-tiba muncul, menarik anak itu dan menutup pintunya.

Suasana rumah itu, benar-benar membuat pak Budi terasing sendirian.

Sesampai di kamar, ndoro Sasri seperti sudah menunggu. Ia duduk di kursi goyangnya, di depanya, ia membawa sebuah buku.

Setelah bu Asirih berpamitan pergi. Pak Budi mendengar majikanya menanyakan sesuatu yang mencurigakan.

"Le, ibuk takok yo. Awakmu sholat?"
(Nak, ibuk mau tanya. kamu sholat ya?)

Pertanyaan itu, dingin. Namun, membuat pak Budi tertegun beberapa saat sebelum ia mengangguk, lalu ia melihat ndoro Sasri tersenyum. Tidak ada yang tahu isi hati wanita tua itu.

"Bagus" tutur beliau. "Ojok sampe ninggalno sholat ya le" (Jangan sampai meninggalkan shalat ya nak)

Belum berhenti di situ, kemudian, ndoro Sasri bertanya perihal yang lain.

"Sing mok delok mau, iku cucuku. Jenenge Yanu" (Yang kamu lihat tadi, adalah cucuku, namanya Yanu)

"Yanu iku asline cah pinter, tapi wes pirang-pirang tahun sakjejane,onok sing berubah nang jero atine, sakjake iku arek e dadi gak waras" 
(Yanu itu aslinya anak yang pintar, tapi sudah beberapa tahun ini ada yang berubah di mulai dari prilakunya, anaknya jadi gak waras)

"Ibuk jalok tolong, ojok cerito sopo-sopo yo, nek onok sing nakoni" (Ibu mau minta tolong, jangan ceritakan siapa-siapa ya kalau ada yang tanya)

Setelah mengatakan itu, pak Budi melangkah pergi, ia menutup pintu kamar, berusaha kembali ke kamarnya.

Naas, pak Budi tidak tahu kemana ia harus berjalan kembali, tanpa tahu, ia menelusuri setiap lorong yang hampir pencahayaanya dari lampu kekuningan, banyak pintu sama yang pak Budi lihat.

Manakal ia menuruni anak tangga, pak Budi terhentak saat melihat seorang anak lelaki lain.

Yang ini terlihat seperti versi dewasanya anak kecil yang pak Budi lihat. Anehnya, lelaki yang ini hanya melihat pak Budi saja, seperti patung, tatapanya tidak kalah mengenakan dari tatapan semua yang pernah pak Budi lihat di rumah ini.

"Mohon maaf" kata pak Budi, bingung setengah takut. "Saya sopir baru disini, bila boleh bertanya, kemana saya harus kembali ke.." belum selesai mengatakanya, si lelaki menunjuk sebuah pintu.

Tidak menjawab kalimat pak Budi, dan di belakang lelaki itu, lagi-lagi ada perempuan lain.

Perempuan itu sama diamnya, hanya melihat pergerakan pak Budi melalui bola matanya. 

Benar saja pintu itu langsung menuju ke teras rumah.

Tanpa pikir panjang, ia pun kembali ke kamarnya. Lelah dengan semua yang ada di rumah ini.

Setelah satu minggu bekerja di rumah ini, pak Budi mulai tahu, sesiapa anak lelaki yang ada di rumah ini.

Di mulai dari anak kecil itu, hingga anak lelaki yang pak Budi lihat pada malam itu. Kesemuanya adalah cucu dari ndoro Sasri, namun meski begitu, pak Budi masih belum paham apa yang terjadi pada mereka semua dan apa alasanya mereka tampak sangat misterius seperti itu.

Yang pertama adalah anak kecil itu, ia sering menghabiskan waktunya bermain di kolam ikan, bersama perempuan yang menjaganya, namun bila dilihat dengan seksama, anak itu lebih sering merangkak di bandingkan berjalan dengan kedua kakinya, tidak hanya itu yang pak Budi lihat tulang kaki dan tanganya, tampak berbeda bila di bandingkan dengan tulang anak seusianya yang lebih besar, ia seperti terjebak dalam tubuh yang kurus, meski warna kulit kuning langsatnya mengaburkan kejanggalan itu.

Bahkan ketika perempuan yang menjaganya membawanya masuk ke rumah, anak itu lebih suka di gandeng, layaknya primata, cara berjalanya seolah mengisyaratkan bahwa tulangnya sangat lemah dan tidak normal.

Anak yang pak Budi temui di malam itu juga tidak kalah aneh, pak Budi seringkali melihat anak itu, hanya duduk, memandang teras rumah. Tidak sekalipun pak Budi pernah mendengar anak itu berbicara sekalipun, aneh. Sangat aneh.

Namun, dari kesemuanya, hanya ada satu anak lelaki yang paling normal, namun ia tidak menghabiskan waktu di rumah ini, ia seringkali mengunjungi rumah ini hanya sebatas bertemu lalu pergi lagi, dan yang ini tidak ada perempuan yang mendampinginya. berbeda dengan saudara-saudaranya.

Dari kesemuanya, pak Budi sudah menghitung 4 cucu dari ndoro Sasri, yang membuat bingung, dimana cucunya yang ke 5..

Hal itu, membuat pak Budi begitu penasaran, namun seiring waktu, ndoro Sasri perlahan seperti tengah mengawasi gelagatnya.

Ada hal menarik yang harus banyak orang tahu tentang sosok ndoro Sasri.

Di balik wajah dinginya, ia adalah seorang yang tegas, tanpa banyak basa-basi sedikitpun. Meski begitu ia adalah orang yang sangat loyal, terbukti ia seringkali memberikan uang kepada pak Budi.

Meski pak Budi tidak meminta, tidak hanya uang ia seringkali memberikan barang saat ia berkunjung ke sebuah tempat. Bahkan pak Budi merasa bahwa ndoro Sasri adalah seorang kaya raya yang tidak sombong dengan harta dan pencapaian keluarganya.

Namun tetap saja. Tidak ada yang tahu isi hati manusia. Terlebih saat kejadian di malam itu.

1 minggu, sebelum malam itu. Bu Asirih menemui pak Budi, beliau mengatakan, bahwa ndoro Sasri ingin bertemu dan saat ini beliau menunggu di gazebo atas lantai 2.

Sebelum pak Budi pergi menemui ndoro Sasri, pak Budi menatap bu Asirih dengan tatapan bertanya-tanya.

Bertanya-tanya akan malam sebelumnya, dimana tanpa sengaja, pak Budi melihat bu Asirih pergi ke pondok (gazebo) yang di larang.

Namun, pak Budi hanya mengintip dari celah jendelanya, tidak hanya itu, pak Budi begitu tertarik dengan apa yang dibawah bu Asirih.

Sebuah sesajen lengkap dengan aroma dupa yang sudah di bakar.

Semenjak saat itu, pak Budi semakin yakin Ada yang di sembunyikan di rumah ini.

Ketemulah pak Budi, sama seperti sebelumnya, ndoro Sasri hanya duduk di atas kursi goyangnya, melihat pak Budi, ia mengisyaratkan senyuman kemudian menyuruh pak Budi untuk duduk, dengan suara tegasnya yang terdengar seperti orang tua kebanyakan. Ndoro Sasri bicara.

“Le, minggu ngarep, terno ibuk yo, nang gunung K*********, paling engkok nginep nang kono, isok yo”
(Nak, minggu depan, antar ibuk ya, ke gunung K*********, mungkin nanti akan menginap disana, bisa ya)

“nginep pirang dinten nggih buk” (menginap berapa hari ya bu?)

“Isok 3 dino, isok 2 dino. Tergantung, urusane mari po durung?!” (bisa 3 hari, bisa 2 hari, tergantung. Urusanya selesai apa belum?)

“Nggih buk. Nggih. Saget” (ya buk. Bisa) tutur pak Budi.

Namun di dalam kepalanya, ia bertanya, urusan apa ia harus pergi ke tempat semacam itu, tidak ada apa-apa disana, bahkan, itu bukan gunung yang menjadi objek wisata.

Setahu pak Budi, gunung itu adalah tempat dari banyak rumor, tentang tempat penuh aura mistis, meski yang di dengar pak Budi hanya sebatas di telinga saja. Namun ia tidak berhak mempertanyakan apapun, terhadap majikannya, terhadap ndoronya, karena ia bekerja kepadanya.

Meski begitu, pikiran itu tidak bisa hilang begitu saja.

Bersiap untuk pamit, pak Budi melangkah pergi, namun ndoro Sasri menghentikanya sejenak.

“Sek to le, ibuk dorong mari ngomong” (sebentar dong nak, ibu belum selesai bicara)

Pak Budi pun kembali duduk.

“Ngene le, mene pas ngeterno ibuk, gak usah takon aneh-aneh yo. Ibuk gak seneng ambek pitakon sing aneh-aneh, ojok mikir aneh-aneh pisan, Yo. Wes nyupir ae koyok biasa, anggap awakmu ra eroh opo-opo. Ngerti yo le”
(Begini nak, besok selagi mengantarkan ibuk, tidak perlu Tanya aneh-aneh, ibuk tidak suka di Tanya yang aneh-aneh, jangan mikir aneh-aneh juga, sudah. Nyupir seperti biasa saja, anggap kamu tidak tau apa-apa. Paham ya nak)

Tuturkata ndoro Sasri yang halus seperti memiliki makna berlainan, seolah kalimat itu sudah di persiapkan lama sekali, untuk menekan pak Budi dan membuatnya tidak berbicara apa-apa.

Jadi. Apa yang sebenarnya akan pak Budi lihat.

Semenjak malam ketika pak Budi memergoki bu Asirih, setiap malam, ia akan menunggu di balik celah jendela kamarnya, berharap ia mendapat sedikit jawaban, apa yang sebenarnya bu Asirih lakukan, namun, nyatanya ia tidak lagi menemukan keganjilan itu lagi.

Di siang yang terik, ketika pak Budi sudah menyelsaikan tugas mencuci mobilnya, ia berjalan keliling rumah, meski ada keinginan untuk mendekati Gazebo yang di larang itu, pak Budi tetap menghormati aturan dimana ia bekerja.

Berkeliling rumah ini, memberinya sensasi kagum.

Setiap bangunanya dibuat semenarik mungkin layaknya rumah-rumah keraton jawa, karena hampir sepersekian bagianya selalu menggunakan bahan kayu jati solid

Di tengah ia berkeliling, ia melihat anak kecil itu. Anak yang bahkan sampai hari ini pak Budi bekerja, tidak ia ketahui namanya, pak Budi mendekatinya, berharap bisa menyapanya, karena ia adalah bagian dari keluarga tempat ia bekerja. Berbekal permen di kantongnya, pak Budi semakin mendekati si anak.

Suara langkah kaki pak Budi membuat si anak mengetahui kedatanganya. Ia menoleh dengan mata bundarnya.

Mata mereka saling melihat satu sama lain, pak Budi tersenyum, namun, si anak, menatapnya begitu saja. benar-benar cara menatap yang membuat semua orang tidak nyaman.

"Dek. arep permen?" (dek, mau permen?) kata pak Budi. si anak masih diam, tidak ada kalimat atau gerak tubuh.

Setelah dirasa tidak ada tanggapan, si anak masih tidak juga merespon apa yang pak Budi tawarkan, ada sesuatu yang ganjil yang terjadi pada si anak.

Ia tersenyum, menunjukkan 2 gigi depanya yang berlubang, kemudian ia menunjuk pak Budi.

Cara menunjuknya tidak seperti cara menunjuk anak seumuranya, tanganya gemetar naik turun, seperti layaknya anak berkebutuhan khusus, tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, ia mendengarnya bersuara.

Suaranya sangat berat namun tak memiliki intonasi nada kalimat benar.

Terdengar seperti "Huuuu Haaa Huuuu Haaaa" dan itu membuat pak Budi tidak mengerti sama sekali.

Lalu, kejadian itu terjadi.

[BERSAMBUNG]

*****
Selanjutnya

close