Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PUCUK KEMBANG (Part 1) - Penghasutan

Takdir Surtini yang lembut dan santun kini Berubah Menjadi Pencari Tumbal Darah Bayi


Cuaca Sangat Cerah Hari Itu, Pegunungan dan sawah nampak sangat Indah dari kejauhan. keluarga Kecil Carto Dan Surtini Menyambut Harinya dengan Beraktifitas Seperti biasanya, Carto bersiap-siap Pergi ke sawah kebetulan hari itu padi Mereka memasuki masa panen, sedangkan Surtini sibuk menyiapkan masakan untuk para petani yang ikut memanen padinya.

"Bu, bapak mangkat sek ya ben parine ora kedisitian Manuk emprit" (bu, bapak berangkat dulu biar padinya tidak keduluan burung pipit) ucap Carto sambil bersiap menuju sawah.

“Njih pak, Aku tak masak rumiyen” (iya pak, saya tak masak dahulu) Sahut Surtini.

“mengko nek nyusul Mantel Di gowo yo bu, mbok menowo udan” (nanti kalo mau nyusul Jas hujan Di bawa ya bu, barang kali hujan) perintah Carto pada istrinya.

Usia mereka hampir seusia orang tua ber anak 2. Namun mereka belum Di beri momongan, kehampaan keluarga mereka telah di lalui berpuluh-puluh tahun. Hanya sabar yang mereka lakukan.

Ucapan serapah sering surtini dengar, pertanyaan kapan memiliki anak menjadi Nyanyian-

setiap bertemu orang. Baginya pertanyaan sepele namun sangat Menyakitkan.

***

Pagi itu seperti biasanya Surtini belanja ke warung tetangga untuk membeli lauk dan kebutuhan rumah.

“Sayur asem ono ora mbah” (sayur asem masih ada ngga mbok) tanya surtini.



“Turah siji sur, karo opo maneh sur” (turah siji sur, sama apa lagi sur) jawab mbah Jumi.

Mbah jumi merupakan Pemilik warung langganan surtini di desanya, surtini kenal dekat dan akrab dengan Mbah Jumi.

“Wis kui wae mbah, lauk iseh ono ng omah durung di masak kabeh, iki anu meh masake wong panen pari karo iku jare bapake Pingin sayur asem, makane iki tak luroke neng kene”

(sudah itu saja mbah, lauk masih ada di rumah belum di masak semua, anu mau masakin orang panen sama ini katanya bapak pingin sayur asem, makanya saya carikan kesini) sambung surtini.

“Iyo sur, urip sak omah wong loro tok kui kebutuhane ringan yo sur” (iya sur, hidup di rumah cuma 2 orang itu ringan ya sur) ucap mbah jumi.

“Yo ko ngene mbah, seneng tapi ora bahagia” (ya seperti ini mbah, senang tapi tidak bahagia) keluh surtini pada mbah jum.

“Surtini wis nyonto urut ning mbah nir durung” (surtini sudah nyoba urut di mbah nir belum) tanya mbah jumi yang tau akan keadaan surtini sedang menantikan buah Hatinya.

“Mbah nir sopo kui mbah?” (Mbah nir siapa itu mbah) tanya surtini penasaran.

“Dukun bayi kampung sebelah sur” (dukun bayi kampung sebelah sur) jawab Mbah jum.

"Nko tak tuliske alamate yo, mbok menowo neng kono iso dadi lantaran mu due anak” (nanti saya tuliskan alamatnya ya, barangkali jadi lantaran kamu memiliki anak) ucap mbah jum.

Surtini telah memegang kertas berisikan alamat dukun bayi dari mbah jum, namun surtini bimbang untuk memberi tahu suaminya tentang konsultasi ke dukun bayi kampung sebelah. Surtini telah kesana kemari menanyakan tentang rahimnya ke berbagai dukun bayi namun sampai sekarang belum menemukan titik terangnya.

Sembari berjalan pulang surtini memutuskan untuk pergi Ke mbah Nir Namun surtini tidak memberitahukan hal itu kepada suaminya.

Sore itu surtini pergi mencari alamat yang di berikan oleh mbah jum.

“Pak punten bade tanglet, grione Mbah Nir pundi nggih” pak Mohon maaf mau tanya, rumah mbah nir dimana ya) tanya surtini pada warga yang sedang bersantai di teras rumahnya.

“mbah Nir Dukun bayi npo bu” (mbah Nir Dukun bayi ya bu) tanya balik warga tersebut.

Nggih pak leres mbah nir dukun bayi” (benar sekali pak mbah nir dukun bayi) jawab Surtini.

“Lah niko bu, grio sing pintune katah Ukiran jawa" (lah itu bu, rumah yang pintunya banyak ukiran jawa) sambung warga tersebut.

“Owh nggih, matursuwun nggih pak” (owh nggih terimakasih pak) ucap surtini.

Surtini melanjutkan perjalanan menuju Rumah mbah nir namun kelihatnya Rumah mbah nir terlihat sepi.

“Tok… tok… tok… Kulanuwun…tok… tok… tok…kulanuwun..” surtini mengetuk pintu rumah mbah nir.

“Monggooo….” terdengar suara sahutan dari dalam Rumah mbah Nir

“Monggo-monggo, silahkan nduk Mlebet" (silahkan bu masuk) ucap nenek Tua Sembari Membuka Pintunya.

Punten mbah, bade tanglet mriki leres grione mbah nir nggih” (mohon maaf mbah, mau tanya ini benar rumahnya mbah nir ya) tanya Surtini pada nenek tersebut.

“Enggih nduk, mbah nir niku kulo, enten nopo nggih” (bener nduk, mbah nir itu saya, ada apa ya?) ucap nenek itu yang ternyata adalah mbah nir.

*Nduk adalah sapaan orang jawa memanggil perempuan lebih muda

“Niki mbah, kulo ajeng cek rahim, sampun puluhan tahun dereng gadah momongan” (ini mbah, saya mau cek rahim susah puluhan taun belum dapat momongan) ucap surtini pada mbah Nir.

“Nate Di Urutke ten dukun bayi nopo?” (Pernah di Urut ke dukun bayi belum?) Tanya mbah nir.

“Nate mbah, sanjange nggih rahime kulo mboten saged gadah lare” (pernah mbah, bilangnya rahim saya tidak dapat punya anak) jawab Surtini.

“Nate mbah, sanjange nggih rahime kulo mboten saged gadah lare” (pernah mbah, bilangnya rahim saya tidak dapat punya anak) jawab Surtini.

“Yo mosorao sing sabar, koli tak urutke sing penting sabar yo nduk di akehi Dongo karo pangeran” (ya nanti ada saatnya, habis ini saya urut yang penting sabar di perbanyak doanya) ucap mbah Nir.

Surtini dan mbah nir masuk kamar untuk mengurut perut surtini, pelan pelan perut surtini di baluri minyak kelapa andalan dukun bayi, lama mereka melakukan urut tersebut.

“Duh kok rahimu ora ono yo nduk” (duh rahim kamu kok tidak ada ya nduk) ucap mbah nir.

Surtini tidak menjawab perbincangan mbah Nir, justru Surtini malah menangis, pasrah dan putus asa dengan dirinya.

Wis cep, iki tak urutke, karo menggo tak gaweke jamu, mugo2 iso dadi dalane due anak yo nduk” (sudah cep, ini tak urut dulu, nanti tak bikinkan jamu, semoga jadi jalanya kamu punya anak) terang mbah Nir menyemangati Surtini.

Mbah Nir Membuatkan jamu untuk surtini, sementara surtini masih termenung akan ucapan mbah nir.

“Nduk iki jamune di minum sek” (nduk ini jamunya di minum dulu) ucap mbah Nir sambil memberikan jamu Nya.

Matursuwun nggih mbah” (terimakasih ya mbah) ucap surtini.

“Sampean di akehi ngombe jamu iki, neng omah gawe dewe iso kok, njajal seminggu maneh bali rene mbok menowo wis dadi dalane awakmu due anak" (kamu di banyakin minum jamu ini, di rumah bisa kok bikin jamu ini sendiri seminggu lagi kembali lagi kesini barangkali jadi jalanya kamu punya anak) terang mbah nir.

Setelah minum jamu yang di berikan mbah nir surtini kembali pulang dengan rasa putus asa, seakan akan dia pasrah dan tak ingin hidup lagi.

Setiap hari surtini mencoba meracik jamu yang di berikan oleh mbah Nir, jamu kali ini sangat aneh, cuma 7 helai daun Kelor, Kunyit dan garam.

Surtini meminum jamu tersebut setiap harinya, surtini yakin bahwa dia akan memiliki anak.

***

Hari hari telah berlalu surtini selalu meminum Jamu yang mereka buat, surtini yakin pasti akan hamil namun diluar dugaan justru surtini malah datang bulan pada hari ke 6 setelah memulai meminum jamu, Surtini enggan bercerita ke suaiminya dia akan membuktikan bahwa dia akan hamil

pagi itu surtini seperti biasa berbelanja sayur ke mbah jum Namun berbeda dari biasanya, warung mbah jum sangat ramai ibu-ibu, surtini ingin berbalik arah karena takut seseorang menanyakan tentang kapan hamil, akhirnya surtini memberanikan diri untuk berbelanja di warung mbah jum.

"Mbah Jum, Sayur asem kalih Gereh enten mboten? (mbah jum, sayur asem sama ikan asin ada tidak) tanya surtini pada mbah jum.

“Waah entek iki sur, nembe wae di jukok Marni” (Wah Habis ini sur, barusan di ambil marni) jawab mbah jum.

“Surtini Kurang cepet, wis tak jukok aku hehehe” (surtini kurang Cepat sudah tak ambil saya heheh) sahut marni.

“Ah sampean yu, kebiasaan ora nguman nguman ke” (ah Kamu mbak, kebiasaan suka menghabiskan) sambung surtini.

“Eh sur, awakmu wis sido ng mbah nir durung?” Eh sur, awakmu sudah jadi ke mbah nir belum) tanya mbah jum.

“Sampun mbah, Niki malah di paringi ramuan jamu, sampun seminggu kulo nginum tapi kok malah Datang bulan maleh heheh”

(sudah mbah, Ini malah di kasih ramuan jamu sudah seminggu saya minum, tapi kok malah datang bulan lagi heheh) Ucap Surtini sambil tertawa lemas dan pasrah.

“Opo jangan-jangan Awakmu Mandul selawase Sur” (apa jangan -jangan Kamu mandul Selamanya Sur) cletuk Marni.

“Husss.. Marni ora keno ngomong kokui” (husss, marni nggak boleh bicara seperti itu) tegas mbah Jum peringatkan Marni atas omonganya.

“Laaa nyatane wis tahunan durung due anak dewe wong aku wae wis meh 3” (laaa nyatanya Sudah Tahunan belum punya anak sendiri wong saya aja sudah hampir 3) ucap Marni membela dirinya.

“Mbah Kulo Gereh sama kangkung mwon, niki artone” (mbah Saya ikan asin sama kangkung saja, ini uangnya) ucap surtini yang hatinya tersinggung atas omongan marni.

Surtini kembali pulang dengan hati kecewa, ingin rasanya surtini Menangis sepanjang jalan, tak tau bagaimana surtini menjalani hidup ini. Surtini akhirnya memutuskan sore ini kembali Kerumah mbah nir untuk menanyakan Jamunya kenapa tidak berfungsi.

“Tok…tok..tok..Kulonuwun Mbah Nir” (permisi mbah nir) ucap Surtini mengetuk pintu Rumah mbah nir sambil melihat-melihat keberadaan mbah nir dari jendela.

“Monggooo Sekedap” Ucap mbah nir dari dalam.

“Nggih mbah” jawab surtini yang mendengar suara mbah nir dari dalam.

“Eh nduk surtini, Monggo-monggo mlebet” (eh surtini, silahkan masuk) ucap mbah nir sembari membuka pintu mempersilahkan Surtini masuk.

“Pye nduk, Jamune Ngefek ora?” Tanya mbah Nir.

“Gih niku mbah, kulo mpun nginum jamu setiap hari, manut arahane jenengan, tapi kok Malah niki datang bulan" (iya itu mbah, saya sudah minum jamu setiap hari, mengikuti arahan kamu, tapi ini kok malah datang bulan) jawab Surtini.

“Berarrti rahimu ono sing ora beres nduk, awakmu tau keguguran mboten nduk" (berarrti rahimu ada yang tidak beres nduk, awakmu tau keguguran mboten nduk) tanya mbah Surtini.

“Dereng nate mbah, sejak nikah dereng nate enten janin” (belum pernah mbah, sejak nikah belum pernah ada pernah ada janin) jawab surtini.

“Aku ono Solusi nggo Awakmu tapi aku ora nyaranke” (aku punya solusi buat kamu, tapi saya tidak menyarankan" sambung Mbah Nir.

Nopo niku mbah” (apa itu mbah) tanya surtini.

“Susuk Pucuk Kembang Nduk” jawab Mbah Nir.

“Susuk Pucuk Kembang..?” (susuk pucuk kembang) ucap Surtini sambil mengerutkan dahi kebingungan.

“Iyo, Nek awakmu wani, mbah bantu, ning iki durung pernah ono sing wani Nyonto” (iya, kalo kamu berani, mbah bantu, tapi ini belum pernah ada yang nyoba) ucap mbah Nir.

“Sebabe ten nopo mbah” (sebabnya kenapa mbah) tanya Surtini serius.

“Yo iku krono tumbale Jantung Bayi Sing Nembe lahir alias Pucuk Kembang” (ya Karena itu tumbalnya bayi yang baru lahir alias Pucuk Kembang…)

BERSAMBUNG

*****
Selanjutnya
close