Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PUCUK KEMBANG (Part 7) - Ngapati

Usia Bayi Menginjak ke 4 bln, Tiba Saatnya Surtini Menepati Janjinya


PART 7 - NGAPATI

Usia Bayi Surtini Menginjak ke 4 bulan, Tiba Saatnya Surtini Menepati Janjinya memberikan tumbal ke Nyi Paninggir.
...

Kehamilan surtini genap 4 bulan, menurut kepercayaan adatnya, tradisi ngapati harus di lakukan mereka, carto dan surtini akan segera mengadakan syukuran untuk anaknya. belanja hasil bumi dan mengadakan doa bersama mereka persiapkan.

“Pak, ngapati siose jam pinten?”(pak, ngapati jadinya jam berapa?) tanya surtini pada carto suaminya.

“Mangke sonten bu, jam 4 syukuran mulai, bapak wis woro-woro neng tonggo” (nanti sore bu, jam 4 syukuran mulai, bapak sudah mengabari tetangga) jawab carto.

“Nggih pak, ibu tak ten mbah jum yo, jauk tulung rewangi masak” (iya pak, ibu tak ke mbah jum ya, minta tolong untuk membantu masak) sambung surtini.

Surtini pergi ke rumah mbah Jum sekaligus belanja beberapa kekurangan bahan masakanya.

“Mbah jum, enten kemiri mboten” (mbah jum, ada kemiri tidak) tanya surtini pada mbah jum.

“Ono sur, di goleki wae” (ada sur, di cari saja) ucap mbah jum.

“Nggih mbah, kalih anu mbah ajeng nyuwun tulung jenengan, bantu-bantu masak ngge persiapan ngapati” (iya mbah, sama anu mbah mau minta tolong mbah jum, untuk bantu persiapan ngapati) sambung surtini.

mbah jum mengiyakan ajakan surtini namun mbah jum agak terheran, berita beredar bahwa surtini sedang mengandung yang ke 4 bulan, namun pengelihatan mbah jum merasa aneh, perut surtini nampak kosong tidak ada jabang bayinya.

Mbah jum hanya terdiam karena mbah jum tak mau berprasangka buruk pada surtini. Setelah menutup warungnya mbah jum Bergegas menuju rumah surtini untuk membantu memasak di sana.

“Gawe berkat nggo wong piro sur” (bikin makanan buat orang berapa sur) tanya mbah jum di dapur surtini.

“Ndamel selangkung mawon mbah, bapak atur-atur mung wong rongpuluh” (bikin 25 saja mbah, bapak woro-woro cuma orang 20) sambung surtini.

Sore itu keluarga surtini sukses melaksanakan tasyakuranya, semua tamu undangan menghadiri ngapati anak surtini, semua makanan telah di bagikan. banyak bapak-bapak yang basa-basi pada carto dan mengucapkan selamat atas anaknya yang sudah genap 4 bulan.

Namun berbeda dengan mbah jum, mbah jum merasa ada yang janggal dengan ngapati anak surtini, saat tasyakuran berlangsung mbah jum melihat sosok tamu aneh tak di undang, sedang berdiri melihat kearah rumah surtini. mbah jum mengenali sosok tersebut.

“Iki onok seng ora beres, Nyi Paninggir kok iso teko rene” (ini ada yang tidak beres, Nyi Paninggir kok bisa datang kesini) batin mbah jum saat melihat kedatangan Nyi Paniggir.

Tatapan mbah Jum di ketahui oleh Nyi paninggir. Sempat ada lirikan dan Energi kuat terasa dari Arah Nyi paninggir. Seketika mbah Jum teringat Tragedi Berpuluh-puluh tahun silam, tentang susuk Pucuk Kembang.

“Ora mungkin surtini anggo Susuk pucuk kembang” (tidak Mungkin Surtini Memakai susuk pucuk kembang) guman mbah Jum dengan tatapanya ke nyi paninggir.

“Mbah jum, niki berkate" (mbah jum, ini makannya) ucap carto mengagetkan lamunan mbah jum.

“Oh iyo kang carto.. matursuwun yo” (oh iyaa.. kang carto terimakasih ya) ucap mbah jum pada Carto.

“Ya wis ya, aku tak Pamit sek” (ya sudah ya saya tak pamit dulu) ucap mbah jum.

“Nggih mbah, ngantos-antos, kulo matursuwun nggih mbah, mboten saged maringi nopo-nopo” (iyaa mbah hati-hati, saya yang bertrimakasih ya mbah, tidak bisa ngasih apa-apa) sambung carto.

Setelah mbah jum pulang, carto penasaran dengan apa yang di lihat mbah jum dengan lamunanya. Carto mengecek ke arah pandangan mbah jum. Namun tak ada apa-apa yang carto lihat. Hanya pohon pisang yang berdiri di depanya.

***

Malam telah tiba, Surtini dan carto tidur lebih dulu dari biasanya. nampaknya sangat kelelahan karena seharian mempersiapkan Tasyakuran anaknya. Tepat saat jam 12 malam. Tiba-tiba sesorang datang mengambil anak surtini yang masih dalam kandunganya.

“Ojo, ojo jukut anaku” (jangan, Jangan ambil anaku) ucap surtini menangis.

“Koe lali karo janjimu cah ayuuu…" (kamu lupa akan janjimu anak cantik) ucap orang tersebut dengan lembut namun terlihat murka dengan surtini.

Surtini merasa aneh dengan perutnya, Saat melihat perutnya tiba-tiba perut surtini mengempis, perut surtini kosong, janin yang dia nanti-nantikan hilang dalam perutnya.

“Ojoooooo, tulung ojo jukut anakuuuu…” (jangan, tolong jangan ambil anaku) ucap surtini menangis dengan memohon pada orang tersebut agar tidak mengambil anaknya.

“Ojo jukut, ojooooooooooo” (jangan di ambil, jangaan…) tiba-tiba surtini terbangun dari tidurnya, nampak jam masih menunjukan jam 12.30 malam, surtini meraba perutnya. Dan perut terlihat masih sama seperti biasanya.

Terlihat carto juga masih tertidur nyenyak. Keringat surtini nampak Bercucuran akibat mimpi buruknya.

“Sesok aku kudu neng mbah nir, aku utang tumbal karo nyi paninggir" (besok aku kudu neng mbah nir, saya hutang tumbal dengan nyi paninggir) batin Surtini setelah terbagun dari mimpi buruknya.

***

Pagi telah tiba, Carto seperti biasa begegas Melakukan pekerjaanya ke sawah, surtini melangsungkan pekerjaan rumahnya dengan buru-buru karena dia akan segera menuju rumah mbah nir, jam 7.30 surtini melesat pergi ke rumah mbah nir.

“Punteeen, niki surtini mbah” (permisi, ini surtini mbah) ucap surtini dari depan pintu.

“Mlebu ndok” (masuk nduk) sahut mbah nir dari dalam Rumahnya.

Nampak mbah nir enggan Membukakan pintunya, Surtini menyadari perasaan yang sedang di pendam oleh mbah nir, ya dia merasa kecewa dengan surtini karena surtini lupa akan janjinya.

“Ngapunten mbah, kulo wedos nek ken klakoni hal kyo wingi” (mohon maaf mbah, saya takut kalo di suruh melakukan hal seperti kemaren) ucap surtini memulai pembicaraanya.

“Kui dudu urusan ku nduk, aku wegah melu-melu, nyi paninggir wis teko rene mau bengi, nagih janjimu” (itu bukan urusan saya nduk, saya tidak mau ikut campur, nyi paninggir sudah datang kesini tadi malam, menaggih janjimu) sambung Mbah nir.

“Terus kulo pripun mbah, kulo bingung kudu pados ten pundi malih” (terus saya gimana mbah, saya bingung harus mencari dimana) ucap surtini.

“Awakmu lali karo aku lan janjimu, ritualmu durung rampung tapi awakmu wis lali karo aku, koe ratau teko rene" (kamu lupa sama aku dan janji kamu, ritual mu belum selesai, tapi kamu sudah lupa dengan ku, kamu tidak pernah datang kerumah ku) ucap mbah nir kecewa dengan surtini.

“Mbah tulungen aku, ampun pendet bayiku” (mbah tolong aku, jangan ambil bayiku) keluh surtini.

“Aku ora due hak jukok bayi iku, seng due hak nyi paninggir, neng aku wis wegah krewangi awakmu, aku gelo karo awakmu” (aku tidak punya hak mengambil bayimu, yang punya hak nyi paninggir, tapi aku sudah tidak mau membantumu, aku kecewa dengan mu) tegas mbah nir pada surtini.

“Mbah nyuwun tulung bantuane” (mbah mohon bantuannya) sambat surtini.

“Aku wegah melu-melu sur, kono awakmu bali wae” (aku tidak mau ikut campur sur, sana pergi saja) perintah mbah Nir pada surtini.

Surtini pulang dengan hati kacau, bingung harus merelakan bayinya atau Membunuh bayi lagi.

Surtini tak tau apa yang harus dia lakukan, sepanjang jalan pulang Surtini menangis memikirkan hal tersebut.

Tak di sangka, saat setengah perjalanan surtini mendapati seseorang akan melahirkan, surtini bergegas menuju rumah tersebut, tak seorang pun dukun bayi di sana yang membantunya.

Dengan modal pengalaman membantu mbah nir, Surtini nekat Membantu Persalinan ibu tersebut, setelah beberapa jam proses persalinan bayi tersebut keluar dari rahim Ibunya.

“Waah bayine lucu sanget bu” (wah bayinya lucu sekali bu) ucap surtini menyambut bayi tersebut.

“Jaler nopo estri mbak” (putra atau putri mbak) tanya ibu tersebut.

“Niki cantik bu” (ini cantik bu) jawab surtini.

“Alhamdulillah, klalon aku due bayi wadon” (Alhamdulillah tercapai saya punya anak perempuan) ucap ibu tersebut.

“Selamat nggih” (selamat ya bu) ucap surtin.

“Matursuwun nggih mbak, untung enten jenengan, lah jenengan ajeng pundi, asmone sinten mbak?” (terimakasih ya mbak, untung ada mbaknya, lah mbaknya mau kemana, namanya siapa?) Tanya ibu tersebut.

“Kulo surtini bu, nembe saking kampung sebelah bade wangsul” (saya surtini bu, barusan dari kampung sebelah, mau pulang) jawab surtini.

“Owh nggih lah wangsule pundi” (owh iya, lah pulangnya mana) tanya ibu tersebut.

“Kulo wangsule Deso kamulyan bu” (saya pulangnya desa kamulyan bu) terang surtini.

“Pinarak rien mbak, nginum rumiyen” (istirahat dulu mbak, Minum dulu) tawar ibu tersebut.

“Matursuwun bu, kulo langsung pamit mawon, sampun di tenggo jaler kulo” (terimakasih bu, saya langsung pamit saja, sudah di tunggu suami) sambun surtini.

Hari itu surtini berhasil melahirkan satu anak dari orang yang tidak di kenal, dalam batin surtini ingin dia menjadikan tumbal anak tersebut namun hati lembut surtini berkata lain dia merasa berdosa jika membunuh bayi lagi.

Di sisi lain surtini sedang di hampa kan dengan tumbal untuk nyi paninggir yang sedang mengancam bayi surtini.

Beberapa hari setelah surtini berhasil membantu persalinan orang tak di kenal, ternyata di desa tersebut nama surtini menjadi di kenal.

Karena Keberhasilanya dalam membatu persalinan, sosok surtini di kenal dengan dukun bayi desa kamulyan. Tak jarang sesorang datang untuk meminta bantuan surtini dalam masalah persalinan.

“Tok…tok.tokkk.. permisi pak mbah Surtini ne enten" (permisi pak, mbah surtininya ada?) Tanya sesorang tak di kenal pada carto.

“Monggo pak mlebet, surtinine enten, Monggo-monggo pinarak Rumiyen” (silahkan pak masuk, surtininya ada pak, silahkan duduk dulu) ucap Carto sembari membukakan pintunya.

“Anu pak, seng estri kulo klairan” (anu pak istri saya melahirkan) ucap bapak tersebut.

“Lah kok madose surtini nggih” (lah kok mencarinya surtini ya) tanya carto yang heran akan orang tersebut.

“Sejak kapan surtini Dadi dukun bayi” (sejak kapan surtini jadi dukun bayi) batin carto.

“Nggih ten kampung sebelah sampun ramai pak, nek mriki enten dukun bayine” (ya di kampung sebelah sudah ramai pak, kalo di sini ada dukun bayinya) terang orang tersebut.

“Owh ngoten to, buuu…niki enten tamu” (owh gitu ya, buuu… ini ada tamu) teriak carto dari ruang tamunya.

“Nggih pak, pripun nggih” (iya pak, gimana ya) tanya surtini keluar dari dapurnya.

“Iki ono sing meh jauk tulung rewangi klairke” (ini ada yang mau minta tolong di bantu melahirkan) terang carto.

“Loh kok kulo pak” (loh kok saya pak) sambung surtini yang dirinya juga merasa heran, sejak kapan surtini menjadi Dukun bayi.

“Wes Rono di tulungi sek sak bisane” ucap carto.

Surtini dikenal menajdi dukun bayi yang sedang mengandung bayi, banyak pasien surtini yang berhasil melahirkan bayinya. Namun tagihan nyi paninggir tak pernah hilang dari mimpi surtini.

Hingga suatu ketika, surtini memanfaatkan profesi dukun bayinya untuk membunuh bayi lagi, entah Setan apa yang berhasil Membujuk Hati dan fikiran surtini.

Dalam waktu 2 minggu, surtini gagal membantu persalinan melebihi 4 orang, bayi yang meninggal segera surtini ambil jantung-nya.

Hutang NGAPATI pada Nyi paninggir akan segera Lunas. Malam Purnama nanti Surtini akan Segera bergegas Menuju puncak Paninggir untuk memberikan hasil tumbal-nya.

Di sela surtini mempersiapkan dirinya untuk menuju puncak paninggir, surtini menyadari bahwa surtini merasa di permainkan oleh mbah nir, surtini merasa dirinya di jebak untuk melakukan ritual tersebut.

Rasa dendam surtini memuncak seketika dari dalam dirinya, surtini berencana akan menaiki puncak paninggir sendirian dengan meminta bantuan pasuka nyi paninggir untuk mengawalnya.

Surtini merasa Ke wibawaannya melebihi dari yang lain, dia merasa tak seorangpun mampu melawan dirinya termasuk mbah nir. Surtini berencana saat di puncak nanti dia akan meminta imbalan lebih pada dirinya, termasuk kekuatan dirinya agar menyerupai nyi paninggir.

BERSAMBUNG

*****
Selanjutnya

*****
Sebelumnya
close